Tentang Situs Ini

Situs ini berisi pelajaran sederhana mengenai konsep keperawatan. Disarikan dari perpaduan teori dan praktek berdasarkan pengalaman penulis sendiri dan sesama rekan perawat sewaktu bekerja di Rumah Sakit dan bekerja sebagai Staff Pengajar di sebuah Sekolah Keperawatan. Tag line yang utama adalah PERAWAT TIDAK HANYA BERTEORI.....Mari bangga dan bersama memajukan perawat Indonesia.

Whats Up ^_^

Silahkan kunjungi secara berkala. Karena tiap hari akan ada update an.

Mengkaji Nyeri Pasien dengan Menggunakan VAS & MPQ




Ada dua cara dalam mengkaji nyeri yang paling umum digunakan oleh perawat.yaitu dengan menggunakan VAS (Visula Analogue Scale) dan McGILL PAIN QUESTIONNAIRE (MPQ) 

a. VISUAL ANALOGUE SCALE (VAS) 
Metoda pengukuran: 
  1. Buat garis lurus sepanjang 10 cm dan berikan tanda 0 pada ujung kiri garis dan 10 pada ujung kanan garis. Berikan penjelasan pada titik nol menunjukkan tidak ada rasa nyeri sama sekali dan sebaliknya pada titik 10. 
  2. Instruksikan pada pasien untuk membuat tanda [ | ] yang memotong rentang garis dengan skala 0 – 10 cm di atas. 
  3. Ukurlah dari titik 0 ke arah tanda garis tersebut. 
  4. Penilaian: 
a. VAS <> 7 : Nyeri berat 

Metode ini tidak jauh berbeda dengan metode pertanyaan, apabila 0= tidak nyeri, 5 sangat nyeri, berapakah rentang nyeri yang anda rasakan? Begitu pertanyaan perawat kepada pasien. Adapun perbedaannya serta kelebihannya :
  • Rentang VAS dari 0-10 memungkinkan pengkajian yang lebih tergambar dari pada rentang 0-5
  • Perbuatan pasien member tanda pada kertas untuk menunjukkan tingkat nyerinya, lebih akurat daripada bertanya langsung kepada pasien.

b. McGILL PAIN QUESTIONNAIRE (MPQ) 
Nyeri,dalam keperawatan dikenal ada dua macam. Nyeri akut dan nyeri kronis. Apa itu nyeri akut dan kronis, tentu saja kita analisis salah satunya dari karakteristik yang kita temukan.
Kita tidak akan membahas banyak mengenai hal itu sekarang. Silahkan googling di internet untuk mendapatkan instrument pengkajian resmi ini. Penjelasan singkatnya, dengan teknik Mc Gill, kita dapat melihat nyeri dari berbagai aspek, dari bentuk nyeri, apa yang dirasakan, nilai dsb. 

Selamat mencoba

Read More......
 

Sponsor Blog :